Kamis, 24 Juli 2008

Manusia Indonesia

Menurut Mochtar Lubis ciri-ciri Manusia Indonesia adalah:

1. Munafik/hiprokit
2. Enggan dan segan bertanggung jawab atas perbuatannya
3. Bersikap dan berperilaku feodal
4. Percaya takhayul/masih suka dengan masalah ghaib
5. Artistik
6. Lemah

dibawah ini adalah merupakan pendapat saya.

Ciri-ciri orang munafik: jika berkata maka berkata bohong, jika berjanji maka ia ingkar, dan jika diberi amanah maka ia khianat, seorang pemimpin rentan mempunyai sifat munafik dia tahu bahwa yang dia lakukan salah tetapi dia tetap melakukan kesalahannya karena meresa dirinya seorang pemimpin dan tidak seorang pun yang dapat menghalanginya,seperti contoh pilkada (lebih bagus disebut dengan pilkadal) para calon pemimpin mengumbar janji-janji manis kepada rakyat tetapi setelah terpilih dia melupakan janji tersebut alih-alih menepati janji tetapi pemimpin tersebut malah sibuk dengan urusan mencari keuntungan sendiri (baik keuntungan pribadi maupun keuntungan kelompoknya dalam hal ini partai yang mengusung dirinya) dengan cara membagi-bagikan jabatan kepada rekan-rekan partai maupun relasi politik dia,karena menurut dia lebih baik membagi-bagikan jabatan ketimbang mengurus rakyat karena dia mengharapkan dukungan dari relasi politiknya dalam setiap kebijakan yang akan diambil olehnya,dan biasanya kebijakan tersebut kembali lagi hanya menguntungkan pribadi serta golongannya tetapi tidak memihak kepada rakyat.

Dalam kasus ini saya ambil contoh dari dampak naiknya harga BBM presiden hanya mementingkan ABPN saja tetapi tidak melihat dampak langsung dari naiknya harga BBM tersebut yakni semakin bertambahnya orang miskin di negeri ini.

Enggan dan Segan Bertanggung jawab atas perbuatannya
Masyarakat Indonesia mempunyai rasa minder yang tinggi alias kurang percaya diri karena mereka tidak menyadari potensi yang dimiliki dalam diri mereka sendiri dan tidak berusaha untuk mengembangkannya makalah munculah sikap enggan dan segan bertanggung jawab,dan sifat ini dapat dibagi menjadi dua yaitu:

a. Enggan dan segan bertanggung jawab atas perbuatannya karena masyarakat Indonesia tidak memiliki sikap ksatria yang berani mengakui kesalahan dan mengoreksi kesalahan yang telah diperbuat,mereka lebih suka melempar tanggung jawab kepada orang lain seperti kata pepatah “lempar batu sembunyi tangan” tidak mengakui kesalahan yang dibuat malah mencari “kambing hitam” kan orang lain,dan contoh lain adalah seorang pemimpin dalam sebuah organisasi jika ada seorang anggotanya yang melakukan suatu tindakan anarkis dia tidak bertanggung jawab malah dia berdalih “lah wong bukan saya yang melakukan tindakan anarkis kenapa saya harus bertanggung jawab?” seharusnya seorang pemimpin itu bertanggung jawab apa yang dilakukan oleh bawahannya jika bawahannya melakukan suatu tindakan anarkis maka dia mau tidak mau harus terlibat dan mempertanggung jawabkan atas apa yang dilakukan oleh bawahannya seharusnya pemimpin mendidik bawahannya agar tidak melakukan tindakan yang dapat mencemarkan nama baik organisasi atau institusi tempat dia bernaung.

b. Masyarakat Indonesia memiliki rasa minder alias tidak percaya diri mereka tidak dapat mengenali diri sendiri,tidak mengetahui potensi yang dimiliki dan cenderung tidak mengembangkan potensi yang dimiliki karena mereka cepat merasa puas,tidak dapat memotivasi diri untuk berkembang mereka merasa apa yang dimilikinya sekarang sudah lebih dari cukup, nah sifat ini lah akan memunculkan enggan dan segan bertanggung jawab atas perbuatannnya karena mereka tidak yakin benar atau salah apa yang telah diperbuat,seharusnya mereka berpikir sebelum bertindak segala sesautu harus diperhitungkan dampak positif dan negative.

Percaya Takhayul

wah ini yang paling menarik pernah mendengar lagu ghaib gaby? Gaby atau juga dikenal dengan nama Geby menjadi seseorang yang paling banyak dicari di search engine sekitar bulan Juni 2008. Dari berbagai versi dan kabar, lagu ini disebut-sebut sudah beredar sejak tahun 2007.

dan ini adalah lirik lagu tersebut “Pernah ada rasa cinta …. antara kita kini tinggal kenangan ….Ingin kulupakan …. semua tentang dirimu …. Namun tak lagi kan seperti dirimu …. oh bintangku …. Jauh kau pergi meninggalkan diriku …. disini aku merindukan dirimu ….. kini ku coba mencari penggantimu …. namun tak lagi kan seperti dirimu …. oh kekasih”

menurut rumor yang beredar setelah mendengar lagu itu banyak yang didatangi oleh hantu gaby,wakz gubrak ini mah benar-benar mengada-ada alias lebay bahasa gaulnya setelah saya praktekan (maksudnya mendengarkan lagu itu,tidak ada tuh didatangi hantu gaby baik secara dalam keadaan sadar maupun dalam mimpi),duh Indonesia gimana mau maju kalau remajanya aja masih percaya masalah seperti ini,jujur dikampus saya ramai sudah lama sih sekitar 6 bulan lalu,saya penasaran dengan rumor ini setelah melihat beberapa cerita di internet dan menimbang,melihat,dan memutuskan bahwa rumor tersebut merupakn cerita Bull Shit alias cerita tak berguna.

Tidak ada komentar: